SELAMAT DATANG DI BLOG "NURHADI RACHMAN"

Sabtu, 02 Februari 2013

WEBSITE PRESIDENT



Jika berbicara tentang keamanan situs website, sepertinya keamanan situs-situs pemerintahan di Indonesia cukup sering dibobol. Sekalipun itu situs website milik Presiden SBY, karena apapun situsnya tergantung oleh adminnya dan siapapun pemilik situs tersebut tidak dapat menjamin keamanan dari situs tersebut.

      Meski menggunakan domain .info dan sudah dua kali dilumpuhkan peretas, situs Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang beralamat di www.presidensby.info dirasa sudah cukup tangguh dan termasuk sulit dibobol. Namun nyatanya salah satu situs milik Presiden SBY itu tida bisa diakses seperti biasa karena ulah usil peretas yang mengaku sebagai Jember Hacker Team. Tapi ternyata itu bukanlah situs presidensby.info yang diacak-acak.

       Tetapi, memang logikanya makin banyak pengakses suatu situs, makin tinggi pula minat peretas untuk membobolnya, apalagi kalau itu situs pemerintahan musuh yang sering di deface  saat sedang ada konflik antar negara. Karena, biasanya situs yang dimiliki oleh pemerintah merupakan situs layanan masyarakat atau situs yang bermuatan politik sehingga lebih banyak pengaksesnya dan lebih banyak orang yang berkepentingan dengan layanan/jasa di situs ini dibanding dengan situs-situs  yang lainnya.

      Celakanya administrasi situs pemerintahan ini kebanyakan kurang diperhatikan dan pada umumnya mudah diretas (kecuali situs yang sengaja dibangun dengan alokasi biaya khusus untuk berkomunikasi dengan publik melalui dunia maya yang menurut pantauan Vaksincom dijaga dengan cukup baik, walaupun pada awal peluncurannya juga sempat dikerjai).

      Menurut I Made Wiryana, penggiat open source yang menjadi konsultan pembuatan website Presiden tersebut, pelaku tidak secara langsung menyerang situs presiden.info, melainkan menggempur Domain Name System (DNS) yang merujuk ke situs teresebut. Karena cara tersebut memang terbilang ampuh untuk menyerang situs-situs yang tergolong kuat, dan menurut praktisi keamanam internet dari Vaksincom, Alfons tanujaya, presidensby.com termasuk salah satu situs yang sulit dibobol. Karena domain .info itu adalah Top Level Domain yang kira-kira setara dengan Pandi (Pengelola Nama Domain Internet Indonesia). Namun bukan tanpa celah, Alfons mengakui bahwa domain tersebut tidak betul-betul aman.

Sumber : http://inet.detik.com/read/2012/12/11/102738/2114979/1440/keamanan-lemah-situs-pemerintah-gampang-dibobol

Tidak ada komentar: