SELAMAT DATANG DI BLOG "NURHADI RACHMAN"

Selasa, 08 Februari 2011

MASYARAKAT KOTA DAN PEDESAAN

Pengertian Masyarakat 

Masyarakat adalah setiap kelompok manusia yang telah cukup lama hidup dan bekerjasama, sehingga mereka ini dapat mengorganisasikan dirinya berpikir tentang dirinya dalam kesatuan sosial dengan batas-batas tertentu

Masyarakat
Dalam arti luas masyarakat adalah ekseluruhan hubungan-hubungan dalam hidup bersama dan tidak dibatasi oleh lingkungan, bangsa dan sebagainya.

Dalam arti sempit masyarakat adalah sekelompok manusia yang dibatasi oleh aspek-aspek tertentu, misalnya territorial, bangsa, golongan dan sebagainya.


MASYARAKAT PERKOTAAN

Masyarakat perkotaan sering disebut "urban community"
Ada beberap ciri yang menonjol pada masyarakat kota yaitu :
 1. kehidupan keagamaan berkurang bila dibandingkan dengan kehidupan keagamaan di desa

2. orang kota pada umumnya dapat mengurus dirinya sendiri tanpa harus bergantung pada orang
lain. Yang penting disini adalah manusia perorangan atau individu

3. pembagian kerja di antra warga-warga kota juga lebih tegas dan mempunyai batas-batas yang nyata

4. kemungkinan-kemungkinan untuk mendapatkan pekerjaan juga lebih banyak diperoleh warga kota dari pada warga desa

5. interaksi yang terjai lebih banyak terjadi berdasarkan pada factor kepentingan daripaa factor pribadi

6. pembagian waktu yang lebih teliti dan sangat penting, untuk dapat mengejar kebutuhan individu

7. perubahan-perubahan sosial tampak dengan nyata di kota-kota, sebab kota biasanya terbuka dalam menerima pengaruh dari luar.


Perbedaan (kota/desa)

 1. jumlah dan kepadatan (Banyak atau padat / renggang)

2. lingkungan hidup (Mengikuti zaman / primitiv)

3. mata pencaharian (industri / pertanian)

4. corak kehidupan sosial (individual / kekeluargaan)

5. stratifikasi sosial (atas / bawah)

6. mobilitas sosial (menetap / urbanisasi)

7. pola interaksi sosial (kurang / Kuat)

8. solidaritas sosial (kurang / Kuat)

9. kedudukan dalam hierarki

administrasi nasional (atas / bawah)
MASYARAKAT DESA
Masyarakat pedesaan ditandai dengan pemilikan ikatan perasaan batin yang kuatsesama warga desa, yaitu perasaan setiap warga/anggota masyarakat yagn amat kuat yang hakekatnya, bahwa seseorang merasa merupakan bagian yang tidak dapat dipisahkan dari masyarakat dimanapun ia hidup dicintainya serta mempunyai perasaan bersedia untuk berkorban setiap waktu demi masyarakatnya atau anggota-anggota masyarakat

PERMASALAHAN DI PERKOTAAN DAN PEDESAAN  

Urbanisasi adalah perpindahan penduduk dari desa ke kota. Urbanisasi merupakan salah satu bagian dari proses industrialisasi yang tak dapat dihindarkan. Perpindahan penduduk dan sumber daya lain dari desa ke kota diharapkan dapat memberikan tenaga kerja yang murah dan tabungan yang dipaksakan (forced savings) untuk mendorong industrialisasi dikota. Desakan fasilitas yang lebih memadai mendorong masyarakat desa untuk melakukan urbanisasi. Urbanisasi di lakukan sampai pada titik tertentu yang akan menyebabkan kenaikan  tingkat pertumbuhan penduduk dan tingkat urbanisasi akan menurun secara berangsur-angsur, disertai berkurangya kepadatan penduduk di desa. Perpindahan masyarakat di desa biasanya karena adanya info lowongan pekerjaan dari seseorang atau juga dari jasa-jasa penyalur pekerjaan. Mereka mengharapkan agar penduduk desa pada umumnya tidak kalah makmurnya dengan para pekerja di kota industri.
Namun pada kenyataannya banyak masyarakat desa yang melakukan urbanisasi belum mampu beradaptasi dengan lingkungan kota. Ketidaksiapan tersebut bisa berupa kualitas penduduk desa yang jauh tertinggal dari pada masyarakat kota. Sehingga  menyebabkan banyaknya pengangguran.
oleh karena itu peran pemerintah sangat lah penting,bukan hanya untuk membuat suatu kebijakan tetapi suatu jalan keluar yang mampu membuat masyarakat desa sama makmurnya dengan masyarakat kota.dengan cara meningkatkan kualitas di sektor pertanian.
Bahkan banyak ahli di negara sedang berkembang dan di negara maju sekarang beranggapan bahwa syarat penting moderenisasi terpenuhi adalah suatu daerah pedesaan yang lebih produktif.

sumber : www.google.com

Tidak ada komentar: